Gebyar Literasi 2022 Bareng Gol A Gong

Dalam upaya mewujudkan Magetan sebagai Kabupaten Literasi, serta untuk makin memasyarakatkan budaya Literasi di Kabupaten Magetan, salah satu kegiatan yang digagas Dinas Arpus Kab. Magetan yaitu mengadakan Gebyar Literasi Tahun 2022. Kegiatan tersebut dipusatkan di Graha Pusat Literasi Kab. Magetan di Plaosan. Gebyar Literasi Tahun 2022 disemarakkan dengan berbagai rangkaian acara sejak tanggal 24 – 28 Januari 2022. Hari pertama, senin 24 Januari dilaksanakan kegiatan literasi untuk anak PAUD, diisi dengan kegiatan mewarnai dan menulis melibatkan ibu dan anak, yang melibatkan tak kurang dari 200 anak beserta orang tua. Selain itu juga dimeriahkan dengan pameran Literasi PAUD oleh Himpaudi Kab. Magetan.

Selanjutnya diadakan kompetisi penulis muda dengan tajuk “Junior Writerpreneur#2” yang dibagi dalam 2 hari pelaksanaan, untuk jenjang SD/MI pada Selasa 25 Januari 2022, kemudian untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di hari Rabu 26 Januari 2022. Hari keempat, Kamis 27 Januari 2022 sebagai puncak acara diisi dengan berbagai agenda mulai dari pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan se-kabupaten Magetan oleh Bunda Literasi Kabupaten Magetan, pengukuhan pengurus GPMB dan IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kab. Magetan, perilisan buku “Sejarah Desa di Kabupaten Magetan” dan e-book iPusnas “Junior Writerpreneur#1”. Acara dilanjutkan talkshow bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan Tim Safari Literasi dengan mengundang 20 besar terbaik peserta kompetisi “Junior Writerpreneur#” dari masing-masing jenjang SD, SMP, dan SMA. Talkshow diawali dengan pembacaan puisi oleh Taufik Hidayatullah dari Tim Safari Literasi dengan judul “Terbang Bersama Doa”, lalu dirangkai dengan penyampaian materi dan sharing oleh Gol A Gong dengan tema “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat”.

Gebyar Literasi 2022 juga dimeriahkan pameran transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, mulai selasa hingga kamis (25 – 27 Januari) dengan menampilkan produk-produk / hasil karya komunitas difabel Magetan yang tergabung dalam WIDAMA, bazar buku dari beberapa penerbit nasional, serta pameran lukisan. Pada Kamis 27 Januari 2022, Gol A Gong bersama Tim Safari Literasi Indonesia juga melakukan city tour dalam rangka hibah buku di Perpustakaan Desa “Agung Ilmu” di Desa Ringinagung Magetan. Acara dilanjutkan pada malam harinya di Pendopo Surya Graha Magetan yaitu parade pembacaan puisi yang dimulai pukul 19.30 wib. Parade pembacaan puisi dibuka dengan pentas puisi anak Magetan oleh 6 anak pemenang lomba puisi. Dilanjutkan dengan prakata Bupati Magetan, lalu pembacaan puisi oleh Taufik Hidayatullah dan Gol A Gong. Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan musikalisasi puisi berupa geguritan dari komunitas ‘Mata Air’. Acara ditutup dengan pembacaan Cerkak (Cerita Cekak) oleh Bupati Magetan Suprawoto dan sebuah puisi dari Bunda Literasi Kabupaten Magetan Titik Suprawoto. Rangkaian Gebyar Literasi 2022 diakhiri pada Jumat 28 Januari dengan agenda wawancara Gol A Gong bersama Tim Safari Literasi dengan Bupati Magetan dan Bunda Literasi Kabupaten Magetan mulai pagi hingga siang, serta sorenya menyempatkan kunjungan ke POCADI Magetan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *