Sejarah Politik Indonesia Modern

DESKRIPSI BUKU

Pengarang: Fatahullah Jurdi

Penerbit : Calpulis

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2016

Jumlah Halaman : 342

Nomor Panggil : 320.59 FAT

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Politik Indonesia adalah politik yang sangat penuh berbagai fenomena, sebuah transisi menuju demokrasi. Melihat kondisi sekarang, sikap konstitusi kita jauh berbeda dengan sikap para politisi. Pada hakikatnya, pentas politik merupakan induk dari pentas sosial yang mengatur hal-hal kebangsaan dan kenegaraan bahkan politik pengatur hukum.

Buku ini berusaha menjelaskan sejarah politik Indonesia selama beberapa periode kepemimpinan. Alur pembahasan disusun secara kronologis, diawali dengan bahasan tentang materi-materi politik. Bagian selanjutnya mengupas politik masa kolonial sampai dengan Orde Lama. Kemudian politik dimasa Orde Baru dan pada masa Reformasi. Berikutnya mengulas politik di masa 15 Pasca Reformasi serta kehidupan demokrasi dan civil society di Indonesia. Ulasan ditutup dengan  refleksi masa depan politik Indonesia.

Buku ini penting sebagai bahan referensi bersama, belajar dari sejarah bagaimana sistem politik bangsa ini harus tetap berjalan di jalur yang benar dan sesuai konstitusi dan ideologi bangsa. Terlebih memperhatikan realitas politik kontemporer saat ini yang seakan menggambarkan fenomena ‘Demagogue’ politik.

Yang menjadi sentral dalam demagogy politik ini adalah bagaimana politisi mengedepankan wacana manipulatif dalam politik.  Mereka bersuara atas nama rakyat tetapi dalam praktiknya mengkhianati rakyat. Nama rakyat hanya sebagai kendaraan politik untuk kepentingan pribadi.

Buku ini bagus bagi para pelajar, mahasiswa, akademisi, praktisi politik maupun para pengamat dan masyarakat luas, dalam membedah makna ‘homo homini lupus’ dan ‘ homo homini socias’ menuju masyarakat yang dibingkai ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Buku bersubyek mengenai politik Indonesia ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *