The Great Escaper

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Simon Pearson

Penerbit : ANDI

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2016

Jumlah Halaman : 672

Nomor panggail : 808 SIM

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Roger Bushell yang dijuluki ‘Big X’ merupakan aktor intelektual kasus pelarian besar-besaran dari Stalag Luft III pada Maret 1944. kisahnya kemudian diabadikan dalam film Hollywood berjudul The Great Escape.

Roger Bushell lahir di Afrika Selatan pada 1910, anak dari seorang insinyur pertambangan Inggris. Di umur 29 Tahun, sosok karismatik yang menguasai 9 bahasa ini menjadi seorang Advokad di London. Punya reputasi baik karena berhasil membela mereka yang lemah dan kurang beruntung. Dia juga terkenal sebagai juara ski internasional dan pilot pesawat tempur.

Pada 23 Mei 1940, Spitfire yang dikemudikan Bushell ditembak jatuh oleh Karl Langenberg yang bergabung dalam Luftwaffe unit ZG76. Bushell akhirnya tertangkap oleh Corps Panser XIX pimpinan Jenderal Guderian.

Dalam 4 tahun sebagai tawanan perang, Bushell membuat 3 rencana pelarian. Usaha yang pertama membawanya hingga di perbatasan Swiss. Pelarian yang kedua, dia berhasil sampai di Praha, dan disembunyikan pejuang kemerdekaan Ceko selama 8 bulan sebelum akhirnya ditangkap. Pada 29 Maret 1944 Roger Bushell meninggal. Dia dibunuh anggota SS Nazi Jerman tak jauh di luar kota Kaiserslautern.

Buku yang mengangkat biografi pertama tokoh ikonik ini, ditulis Simon Pearson, Pimpinan redaksi  The Times. Setelah pada 2011 keluarga Roger Bushell menyumbangkan dokumen-dokumen pribadinya pada Imperial War Museum.

Novel menarik yang diangkat dari kisah nyata dalam perang dunia kedua ini tersedia dan dapat dipinjam di Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *