Dinas Arpus Gelar Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi

Arsip dapat dipahami sebagai rekaman jejak peristiwa dan kegiatan yang pernah terjadi dalam segala bentuk media penyimpanannya. Bagi sebuah Negara, tata kelola arisp yang baik amat bermanfaat untuk merawat memori kolektif bangsa, maupun sebagai bahan penelitian serta pengambilan kebijakan penting yang digali dari pengalaman perjalanan di masa lalu. Dalam rangka tujuan-tujuan itulah, pemasyarakatan pengelolaan arsip yang baik sesuai norma, standar, prosedur dan ketentuan yang berlaku menjadi kegiatan yang penting untuk dilakukan.

Kabupaten Magetan yang telah dicanangkan sebagai Kabupaten Literasi tentunya sangat berkebutuhan dengan pengelolaan arsip yang baik utamanya di setiap perangkat daerah yang ada. Dari arsip-arsip yang terawat tersebut, tentu akan dapat membantu bagi semua pihak serta masyarakat luas, misalnya untuk mengetahui apa saja program-program yang sudah dikerjakan pemerintah, capaian keberhasilan-keberhasilan atau prestasi yang pernah ditorehkan, maupun lebih jauh untuk menggali sejarah sebuah peristiwa, tempat, hingga sejarah kabupaten Magetan sendiri. Keterkaitan arsip dengan literasi inilah yang coba dielaborasi oleh Dinas Arpus Kab Magetan dengan menggagas kegiatan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 16 – 18 November 2022 bertempat di Graha Pusat Literasi, Plaosan, Magetan. Beragam rangkaian kegiatan baik terkait bagaimana memasyarakat pengelolaan arsip yang baik hingga memasyarakatkan budaya literasi digelar selama 3 hari berturut-turut. Sementara itu di luar gedung, ikut memeriahkan stand bazar produk UMKM Kabupaten Magetan dari beberapa mitra program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan bazar buku dari Gramedia Madiun.

Secara simbolis, rangkaian kegiatan pemasyarakatan arsip dan budaya literasi dibuka oleh Wakil Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminarti, M.Pd. Selain membuka kegiatan, Wakil Bupati juga berkesempatan menyerahkan beberapa penghargaan, diantaranya untuk para pemenang lomba Writerpreneur#2, Duta Baca Kabupaten Magetan Tahun 2022, Lomba Sinopsis, Lomba bertutur, serta penghargaan kepada perangkat daerah terbaik dalam pengelolaan arsip. Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, ditandai dengan pemukulan gong, Wakil Bupati mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Kabupaten Magetan serta mengunjungi stand pameran arsip yang mengambil tema prestasi kabupaten Magetan. Pameran arsip juga diisi dari Monumen Pers Nasional dan penampilan diaroma pengelolaan arsip oleh Arsiparis Dinas Arpus Kab. Magetan.

Di hari kedua rangkaian kegiatan tersebut yaitu pelaksanaan lomba Macapat bagi pelajar jenjang SMP sederajat se Kabupaten Magetan. Tak kurang sebanyak 57 peserta ikut serta dalam perlombaan tersebut. Pemenang lomba langsung diumumkan oleh Tim Juri di hari tersebut dengan juara 1 diraih oleh Faldo Windi Saputra dari SMPN 1 Kawedanan, lalu Fajril Aulia Putra M dari SMPN 1 Magetan sebagai juara 2, dan juara 3 diperoleh Ayomi Tyas Wening P dari SMPN 4 Magetan. Pemberian penghargaan bagi para pemenang tersebut dilakukan pada Jumat 18 November 2022, bersamaan dengan penyerahan buku karya 20 penulis terbaik dari masing-masing jenjang SD dan SMP sederajat serta 20 esai terbaik Duta Baca Kabupaten Magetan tingkat SMA sederajat. Sebelum itu di pagi harinya, juga dilaksanakan sosialisasi preservasi bahan pustaka dengan mengundang para pengelola perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Magetan. Kegiatan dihari ketiga tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan Pemasyarakatan Arsip dan Budaya Literasi tahun 2022.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.