Akhir Tahun 2023 Dinas Arpus Gelar Mbulan Ndhadhari Eps-17

Mbulan Ndhadhari episode 17 dengan tema ‘Menggali potensi seni budaya lokal yang tersembunyi’, dilaksanakan pada Jumat 15 Desember 2023 di Pendopo Surya Graha. Gelaran Mbulan Ndhadhari di penghujung tahun 2023 tersebut terasa Istimewa karena berhasil untuk pertama kalinya mengkolaborasikan penampilan dua kesenian lokal Magetan yaitu kesenian Tongling Wonomulyo dan kesenian Ledhug. Tidak sekedar menampilkan Tongling dan Ledhug, dalam kesempatan itu juga di isi saresehan yang membedah bagaimana lahirnya dua kesenian tersebut dan bagaimana melestarikan dan mengembangkan kesenian lokal tersebut di masa dating. Selain narasumber utama dari pelaku seni Tongling yaitu Mas Winarto dan dari seni Ledhug oleh Mas Wahyu, saresehan juga mendatangkan Dr. Aton Rustandi Mulyana, M.Sn salah satu Dosen ISI Surakarta sebagai narasumber ahli yang akan membedah dari perspektif akademisi.

Seperti diketahui, kesenian Ledhug dalam sekian tahun terakhir digagas menjadi kesenian khas Magetan sebelum akhirnya terhenti karena Pandemi COVID-19. Sebelum pandemi, setiap tahunnya Pemkab Magetan mengadakan Festival Seni Ledhug yang biasanya pada bulan Suro menurut sistem penanggalan Jawa. Dari saresehan tersebut, mengingat pula Pandemi COVID-19 kini telah berakhir, semoga Festival Ledhug bisa kembali digelar setiap tahunnya.

Sementara itu untuk kesenian Tongling yang memang lahir dan tak lepas dari asal usul Dusun Wonomulyo Desa Genilangit Poncol Magetan, diharapkan bisa diangkat oleh Pemkab Magetan sebagai salah satu tradisi kebudayaan lokal asli Magetan. Tentu dukungan dan komitmen para pemangku kepeentingan yang terkait, membangun kerjasama serta kolaborasi antar perangkat daerah dan komunitas pelaku seni menjadi salah satu prasyarat dasar untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *