Seleksi Duta Baca Kabupaten Magetan 2024

Sebagai komitmen dalam rangka meningkatkan indeks literasi kabupaten Magetan sekaligus salah satu upaya konkrit mewujudkan Magetan sebagai Kabupaten Literasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan telah secara rutin mengadakan pemilihan Duta Baca Kabupaten dalam 4 tahun terakhir. Untuk tahun 2024 ini, Pemilihan Duta Baca Kabupaten Magetan mengusung tema Mencetak Generasi Pembaca Cerdas dan Penulis Andal. Pilihan tema tersebut dilatar belekangi harapan nantinya Duta Baca yang terpilih akan mampu menginspirasi lingkungan sekitarnya, dekat dengan buku, mencintai kegiatan mambaca dan menulis serta gemar mengunjungi perpustakaan.

Pemilihan Duta Baca Kabupaten Magetan Tahun 2024 dibanding pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Bila sebelumnya Pemilihan Duta Baca dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan kompetisi penulis muda Junior Writerpreneur, namun untuk tahun 2024 ini dilaksanakan terpisah dari kegiatan dimaksud. Selain itu format pelaksanaan juga berbeda yaitu melalui dua tahapan seleksi. Tahapan awal berupa seleksi tertulis, kemudian tahap grand final yaitu seleksi orasi literasi. Dengan perubahan format seleksi Duta Baca, diharapkan semakin meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan.

Adapun pelaksanaan seleksi tertulis Duta Baca pada senin 22 April 2024 di Graha Pusat Literasi Magetan yang diikuti sebanyak 63 peserta. Dengan rincian 12 peserta dari 4 Madrasah Aliyah, 33 peserta dari 10 SMA, dan 18 peserta dari 6 SMK. Dari seleksi tertulis tersebut akan disaring 10 peserta terbaik sebagai calon Duta Baca Kabupaten 2024 yang akan dikompetisikan kembali pada tahap grand final melalui orasi literasi yang dijadwalkan pada tanggal 30 April 2024. Sedangkan untuk pengumuman dan pengukuhan Duta Baca Kabupaten 2024, sekaligus penyerahan penghargaan bagi para pemenang akan dilaksanakan dalam kegiatan Mbulan Ndhadhari bulan Mei 2024.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *