R.A. KARTINI: Biografi Singkat 1879–1904

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Imron Rosyadi

Penerbit : Garasi

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2020

Jumlah Halaman : 148

Nomor Panggil : 929

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Kartini adalah potret tragis perempuan di awal abad ke-20, ketika harkat perempuan dimaknai sebatas kanca wingking, yang berkutat di sumur, dapur dan kasur. Riwayat hidupnya menggambarkan penderitaan perempuan Jawa yang terpasung dakam tembok tradisi dan adat istiadat masyarakat feodal-patriarkal Jawa.

Kartini ingin mendobrak tradisi feodal –patriarkal yang menghambat kemajuan kaumnya menuju masa depan yang lebih cerdas, bebas, cemerlang dan merdeka. Bagaimana kisah lengkap Kartini memperjuangkan nasib wanita supaya dapat mengaktualisasi diri secara penuh melalui pendidikan? Bagaimana Kartini menyikapi tradisi diskriminatif terhadap ibundanya, yang akhirnya menjadi takdirnya juga di kemudian hari? Terlepas dari pertanyaan itu, dengan merefleksikan semangat dan pemikiran Kartini sebagaimana yang tertuang dalam buku ini, kita bisa meneruskan perjuangannya untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan, sesuai kapasitas dan potensi diri kita masing-masing.

Memperingati hari Kartini pada 21/4/2022 besok, yuks mengenal lebih dekat perjalanan hidup dan perjuangan tokoh kita di buku ini, dengan mengunjungi POCADI Kab. Magetan di pojok timur Pasar Baru Magetan (bawah Mall Pelayanan Publik/MPP Magetan). Koleksi Juga dapat dibaca ke Perpustakaan Umum Magetan. . . . . .

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *