DESKRIPSI BUKU

Penulis : Oppi Andini

Penerbit : Garasi

Kota : Yogyakarta

Tahun : 2020

Halaman : 232

Nomor panggail : 658 OPP

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Modal sering menjadi satu dari beberapa alasan bagi orang untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Sementara itu, perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat di era digital ini telah menciptakan begitu banyak peluang dan kesempatan munculnya bisnis-bisnis baru yang memudahkan para wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Buku ini akan membahas berbagai ide bisnis dengan modal minimal namun dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Tak kurang ada 16 ide bisnis yang dapat dijalankan secara offline dan 19 ide bisnis online yang layak dicoba.

Tidak hanya menawarkan ide-ide bisnis, di bagian pertama dan kedua buku ini, dijelaskan secara praktis konsep-konsep umum mengenai wirausahawan, serta apa yang penting dilakukan untuk menjadi wirausahawan sukses, mulai dari langkah persiapan, perencanaan hingga pemasaran usaha. Dengan demikian buku ini akan dapat memberikan pemahaman bahwa bisnis tidaklah sesulit yang dipikirkan atau dikatakan banyak orang. bisnis merupakan sebuah seni. Seni untuk bertahan hidup, seni membuat produk, seni membuka pasar, dan seni membuka lapangan kerja tidak hanya untuk diri sendiri namun juga bagi banyak orang.

Di bagian ketiga, dengan ringkas diuraikan ide-ide bisnis berikut analisa usahanya. Beberapa ide bisnis online diantaranya ide jualan online produk-produk fashion, souvenir pernikahan, reseller buku dan mainan anak, blogger hingga desainer grafis, penerjemah atau penulis freelance. Untuk bisnis secara offline, beberapa ide yang layak dicoba diantaranya usaha salon, jahit, laundry, agen buku bekas, berbagai ragam usaha kuliner, hingga agen pulsa dan paket data, dan jasa les atau bimbingan belajar.

“Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko sama sekali. Dalam dunia yang berubah dengan sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko” – Mark Zuckerberg— Kutipan dari Zukerberg diatas dapat dimaknai bahwa tanpa keberanian mengambil resiko, kita hanya akan menjadi orang yang biasa dalam segala hal. Resiko akan menjadikan kita lebih memahami bagaimana mental dan kesiapan kita dalam berbisnis. Wirausahawan masa kini harus tahu apa yang dibuat, untuk siapa, dan bagaimana respon pasar terhadap produknya. Bukan hanya mengikuti tren, melainkan sebisa mungkin membuat inovasi baru dan menjadi pusat tren. Seorang Wirausahawan juga harus memiliki jiwa bertahan yang tinggi dan mampu memanfaatkan segala informasi untuk menjadi sumber data bagi usahanya.

Buku yang aplikatif untuk memulai sebuah usaha ini salah satu koleksi yang dapat dibaca di POCADI Kab. Magetan. Ayo berkunjung ….

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.