K.H. Ahmad Dahlan: Biografi Singkat 1868–1923

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Adi Nugroho

Penerbit : Garasi

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2020

Jumlah Halaman : 152

Nomor Panggil : 920

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Peran organisasi sosial keagamaan Muhammadiyah dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia memang tidak bisa dikatakan tidak penting. Melalui tridimensi gerakannya – keislaman, dakwah, pembaharuan – yang masyur itu, Muhammadiyah terbukti mampu menyentuh semua bidang kehidupan. Tak lengkap kiranya jika membicarakan Muhammadiyah tanpa menyebutkan pendirinya K.H. Ahmad Dahlan.

Corak pemikiran Islam dari K.H. Ahmad Dahlan berkisar pada penekanan praktik Islam Salaf sebagai kritik Islam Tradisional (taqlid) yang bercorak sinkretis karena pengaruh adat lokal. Dengan bahasa lugas dan mengalir tanpa kehilangan kualitas semangatnya, penulis buku ini mencoba mencatat semua kisah tentang sosok, keluarga, pendidikan dan perjuangan K.H. Ahmad Dahlan membumikan Muhammadiyah dalam konsteks keindonesiaan.

Buku ini juga mengulas pemikiran beliau seputar pembaharuan Islam di Indonesia, kerukunan beragama, nasionalisme, gerakan keilmuan, keadilan gender dan filosofi pendidikan.

Buku ini dapat dibaca di POCADI Kab. Magetan, pojok timur Pasar Baru Magetan Lt. 1 dibawah Mall Pelayanan Publik/MPP. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.