Legitimasi & Politik Kebijakan: Teori dan Praktik

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Abas

Penerbit : Alta Utama

Tempat Terbit : Depok

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 372

Nomor Panggil : 320.6 ABA

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Tidak setiap kebijakan yang dibuat pemerintah dapat berjalan mulus. Pertama yang harus dipahami, bahwa esensi kebijakan publik merupakan instrumen penting pemerintah untuk menyelesaikan urusan atau masalah publik. Ditunjang sumberdaya ekonomi, politik dan birokrasi tidak serta merta menjadikan pemerintah berhasil dalam kebijakannya.

Meskipun beberapa pandangan menunjukkan bahwa kegagalan kebijakan seringkali diawali dengan kegagalan manajerial tentang apa yang seharusnya dilakukan pemerintah, lebih dari itu, beberapa teoritis melihat bahwa kegagalan negara, lebih khusus kegagalan kebijakannya merupakan kegagalan politik.

Untuk melihat sejauhmana seharusnya negara berperan dalam tugas-tugas politiknya, maka negara harus diperkuat dengan berbagai instrumen untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut sekaligus memperkuat posisi legitimasi nagara.

Buku ini mengupas mengenai teori kebijakan legitimasi dan politik serta bagaimana praktiknya, sesuai perkembangan peraturan perundangan yang berlaku. Studi legitimasi kebijakan terkait pertambangan di Bombana yang merupakan hasil pengamatan penulis, dapat menjadi gambaran riil bagaimana legitimasi dan kebijakan publik itu dalam praktiknya. Materi-materi dalam buku ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi siapa saja untuk memahami perkembangan politik saat ini

Buku ini dapat dibaca di POCADI Kab. Magetan, pojok timur Pasar Baru Magetan Lt. 1 dibawah Mall Pelayanan Publik/MPP. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.