DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Soekarno

Penerbit : BASABASI

Kota : Yogyakarta

Tahun : 2017

Halaman :  284

Nomor Panggil : 297.03 SOE

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

“Tetapi apa yang kita ‘cutat’ dari Kalam allah dan Sunnah Rasul itu? Bukan apinya, bukan nyalanya, bukan flame-nya, tetapi abunya, debunya, ashes-nya.”

-Bung Karno-

Soekarno mengkritik kecenderungan pemberhalaan fiqh yang hakikatnya bukanlah dalil-dalil yang permanen, tetapi tafsir-tafsir manusia terhadapnya, sebagai biang kerok bagi kejumudan pemikiran keislaman itu.

Pemikiran-pemikiran kritis Bung Karno dalam buku ini adalah sebuah otokritik yang sangat relevan untuk kita kaji dan renungkan pada konteks kehidupan riil kita hari ini. Tidak usah memerah wajah dan mendidih hati bila dari perspektif Bung Karno ini, ada sebagian gaya dan perilaku keislaman kita hari ini yang masih ternyata berkarakter Sontoloyo.

Konstruksi hukum Islam (fiqh) apapun itu, tetaplah semestinya di posisikan sebagai buah ijtihad yang tidak steril dari khazanah zaman, tempat, realitas, dan sekaligus kepentingan-kepentingan politis-kultural di dalamnya.

Dari catatan sejarah, kita bisa membaca betapa empat imam mazhab terbesar yang kita anut kini pada muasalnya saling terkait satu sama lain dalam silsilah keguruannya (sanad ilmu). Tetapi lantas berbeda dalam maujud fatwa-fatwanya sebagai konsekuensi dari keragaman historisitas yang diarunginya. Tanpa tedeng aling-aling, Bung Karno melancarkan kritik-kritik tajam kepada para tokoh muslim di masanya yang memiliki pandangan berbeda dengannya dalam konteks “merangkul”. Kritik-kritik yang sejatinya merupakan otokritik yang terus relevan terhadap wacana keislaman kita sendiri, dulu dan kini serta esok.

“Maka benarlah perkataan Halide Edib Hanoum, bahwa Islam di Zaman akhir-akhir ini ‘bukan lagi pemimpin hidup, tetapi agama prokol-bambu’. Janganlah kita kira diri kita sudah mukmin, tetapi hendaklah kita insaf, bahwa banyak di kalangan kita yang Islamnya masih Islam Sontoloyo!”

-Bung Karno-

Literatur menarik ini bersubyek pemikiran Islam dari Bung Karno, salah satu tokoh besar Indonesia. Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan Umum Magetan, ayo berkunjung …

Sinopsis buku ini juga dapat diakses melalui kanal berikut

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *