Tak Masalah Jadi Orang Payah

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Karen Rinaldi

Penerbit :  Shira Media

Kota : Yogyakarta

Tahun : 2020

Halaman :  312

Nomor Panggil : 153.8 KAR

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Buku ini akan mengantar setiap pembaca menemukan dan mengerjakan kegiatan yang tidak begitu dikuasai. Tak jarang setiap orang pernah mengalami rasa sakit dan ketidakbahagiaan yang membuat tidak nyaman berada dalam zona antara keinginan untuk menemukan sesuatu yang baru dan kekecewaan saat gagal mendapatkannya. Melalui pengalaman menyenangkan yang dibagikan penulis buku ini ketika tidak mahir melakukan sesuatu, berjuang sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya biasa-biasa saja, sesuatu yang tak pantas dirayakan dan tak bisa di banggakan. Ketika semua itu dikerjakan dengan cinta dan penuh harap, dengan rasa tenang, akan membawa pada kegembiraan dan perasaan yang membebaskan. Menemukan kebahagiaan dengan menerima kegagalan.

Ketika berhadapan dengan hal baru, respon pertama kita adalah berusaha mendominasi hal itu. Bila tidak bisa, biasanya kita memilih mengabaikan atau menghindarinya. Kita tidak sadar bahwa hal itu justru mengerdilkan kehidupan sendiri dengan menambahkan spot kosong. Sebuah anti pertumbuhan yang dikelilingi ruang-ruang kosong yang terlalu takut dimasuki. Kita tak pernah tahan terhadap sesuatu yang tidak bisa dikuasai. Dengan menghindari kehidupan baru dan menantang, kita akan menjadi tua dan mandek dengan sangat cepat.

Membiarkan diri tidak mahir melakukan sesuatu akan membuat kita lebih sabar menanti diri menjadi lebih baik ketika melakukan sesuatu yang benar-benar penting dalam kehidupan. Buku ini akan mengajak kita semua berpikir ulang tentang sejumlah hambatan dasar dalam kehidupan, serta mendobrak mitos yang menghalangi ketika mencoba hal-hal baru, seperti dorongan perfeksionis, delusi masa lalu, maupun kebohongan awal.

Buku ini juga mengajarkan bahwa bakat bukanlah yang utama. Memang benar bahwa bakat sudah pasti berguna, dan banyak dari kita menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Namun dalam kehidupan, berguna saja tidak cukup. Bakat tidak akan mengajarkan kita tentang hakekat kegigihan, atau kesabaran, atau ketekunan. Kekuatan yang sesungguhnya adalah kemauan untuk melakukan yang tidak menjanjikan keberhasilan apapun.

Buku ini merupakan campuran unik dari pengalaman yang terbaik dan terburuk. Di dalamnya tersaji bagaimana ilmu pengetahuan, filsafat, sastra, sejarah dan budaya, serta pandangan para ahli menemukan keajaibannya dalam membantu memahami kehidupan. Buku ini akan membuat kita belajar untuk tidak menyalahkan diri sendiri karena tidak mahir melakukan sesuatu. Menginspirasi diri kita untuk menemukan sesuatu yang ingin kita kerjakan, meski mungkin tidak mahir melakukannya, tetapi kita akan terus melakukan demi kesenangan. Untuk merayakan ketidakmahiran kita sebagai jalan menuju kebebasan.

LIteratur bersubyek pengembangan diri ini salah satu koleksi yang bisa dibaca di POCADI Kab. Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.