Pramoedya Ananta Toer, Politik & Sastra

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Anandito Reza Bangsawan

Penerbit : Media Pressindo

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 280

Nomor Panggil : 300

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Pramoedya sebagai seorang sastrawan politik berpandangan keadaan politik di masa Orde Baru, sebagai awal tumbuhnya “politik Jawa” atau yang dikatakannya “Jawanisme”.

Buku ini merupakan analisis mengenai konsep “Politik Jawa” menurut pandangan Pramoedya Ananta Toer dalam dua karya terakhirnya, Arok Dedes dan Arus Balik. Luar biasanya, naskah yang ditulis Pram ketika di pulau Buru tahun 70-an tersebut konstekstualisasinya masih berlaku hingga akhir kekuasaan Orde Baru, bahkan sampai masa Reformasi.

Dalam buku ini, dideskripsikan cara politik Jawa dalam melakukan kudeta dari kelompok lapisan bahwa untuk merebut kekuasaan. Kudeta ala Jawa dengan penuh intrik, lobi, lempar batu sembunyi tangan, perencana menjadi terhormat, dan yang tak terlibat menjadi korban hingga ditumpas habis-habisan. Mirip seperti yang terjadi pada tragedi peralihan kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru.

Sebuah masa dengan kepemimpinan penguasa yang dibangun dengan pola ekspansi, militeristik, konflik, kudeta dan pengkhianatan orang dalam lingkaran kekuasaan. Buku ini sangat menarik dan sangat bagus untuk kajian politik Jawa dalam perspektif sosiologi sastra dan pemaknaannya dalam perspektif sosiologi politik karena relevansinya.

“Dengan keluarnya buku Anandito Reza Bangsawan, ini terbukti sekali lagi bahwa angkatan muda membaca karya-karya Pramoedya Ananta Toer, dan bukan hanya membaca tapi mendalami dengan sikap serius. ini sejalan dengan pendapat dan sikap yang selalu ditekankan oleh Pram, bahwa pemuda adalah pelopor perubahan”

Koesalah Seobagyo Toer (adik kandung Pramoedya Ananta Toer)

Yakin tidak tertarik dengan buku ini??? … Buku ini dapat dipinjam di Perpustakaan Umum Magetan.

Anda juga dapat mengakses sinopsis buku ini melalui kanal berikut :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *