Lahirnya Pancasila : Kumpulan Pidato BPUPKI

DESKRIPSI BUKU

Penyunting : Floriberta Aning

Penerbit : Media Pressindo

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2006

Jumlah Halaman : 164

Nomor panggail : 808.5 LAK

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Rezim Orde Baru pernah berusaha menghapus sejarah dengan menolak anggapan bahwa Soekarno adalah penggali Pancasila. Sebenarnya siapa yang lebih tepat disebut sebagai penggali Pancasila, Muhammad Yamin atau Soekarno?

Buku ini merupakan rekaman atas pidato-pidato BPUPKI pada saat panitia tersebut mengadakan sidang untuk mempersiapkan dasar bagi Indonesia Merdeka. Dengan demikian, buku ini berisi proses lahirnya Pancasila, yang diawali dengan pidato-pidato dan perdebatan di antara Bapak Pendiri Bangsa.

Dengan membaca pokok-pokok pikiran founding fathers ketika merumuskan dasar-dasar Indonesia Merdeka, kita bisa tahu seberapa jelas dan orisinal pemikiran mereka. Dengan demikian kita akan dapat menyimpulkan, siapa sebenarnya yang layak disebut sebagai penggagas lahirnya Pancasila.

“Saudara-saudara! “Dasar-dasar Negara” telah saya usulkan. Lima bilangannya. Inikah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat disini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar. Saya senang kepada simbolik. simbolik angka pula. Rukun Islam lima jumlahnya. Jari kita lima setangan. Kita mempunyai panca indera. apa yang lima bilangannya. … sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, emasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan; lima pula bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita dirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Soekarno, dalam Rapat besar BPUPKI tanggal 1 Juni 1945

Ayo kita tambah literasi kita mengenai sejarah lahirnya Pancasila, sebagai aksi kecintaan kita pada Negara ini sekaligus ikut memperingati hari lahirnya 1 Juni esok. Buku ini tersedia di Perpustakaan Umum Magetan, berkunjung yuk …

Anda juga dapat mengakses sinopsis buku ini melalui kanal berikut :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *