K.H. Hasyim Asy’ari: Biografi Singkat 1871–1947

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Muhammad Rifai

Penerbit : Garasi

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2020

Jumlah Halaman : 152

No. Panggil : 297.9 MUH

Lokasi : POCADI Kab. Magetan

Pada beberapa waktu terakhir ini nama K.H. Hasyim Asy’ari muncul kembali dan menjadi alasan dalam perdebatan, bahkan pertikaian. Diantaranya ketika gambar beliau dimuat dalam koin emas salah satu perusahaan multi level marketing (GoldQuest). Lalu pernah pula dijadikan latar poster salah satu pasangan capres-cawapres di Pemilu 2004. Kemudian, potret beliau kembali terpampang dalam iklan politik salah satu parpol pada Pemilu 2009.

Hal itu sungguh tidak mengherankan sebab beliau adalah salah satu tokoh besar bagi bangsa Indonesia. Namun sayang saat ini nama besar beliau hanya menjadi “alat” dan penghormatan terhadap beliau hanya tinggal seremonial. Tidak banyak yang tahu kehidupan dan perjuangan beliau untuk agama dan bangsanya. K.H. Hasyim Asy’ari adalah orang di belakang nama besar Pondok Pesantren Tebuireng-Jombang (1899), yang merupakan pesantren terbesar dan terpenting di Jawa pada abad 20. Lalu pada 1926, beliau juga sosok dibalik berdirinya NU, yang kemudian menjadi Ormas Terbesar di Indonesia.

Buku ini merupakan salah satu buku biografis yang bercerita tentang sosok K.H. Hasyim Asy’ari, bagaimana perjalanan hidup beliau, berjuang sebagai ulama, pejuang, pembaru, serta bagaimana orang-orang Zaman ini melihat pemikiran-pemikiran cemerlangnya.

Bagi yang tertarik mendalami kisah beliau, buku ini tersedia di POCADI Kab. Magetan, sisi pojok timur Pasar Baru Magetan Lt. 1, dibawah Mall Pelayanan Publik/MPP.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *