Graha Pusat Literasi Gelar Peringatan Bulan Bahasa 2022 di Kabupaten Magetan

Dalam rangka peringatan bulan bahasa tahun 2022, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan menghelat beberapa kegiatan di Graha Pusat Literasi, Plaosan selama 3 hari berturut-turut mulai 25 – 27 Oktober 2022. Rangkai kegiatan bulan Bahasa tahun ini diawali dengan seremonial pembukaan yang dapat dibuka secara langsung oleh Bapak Bupati Magetan Suprawoto, pada Selasa 25 Oktober 2022. Dalam pembukaan tersebut, Bupati Magetan juga menyerahkan bantuan sarana pendukung pemasyarakatan budaya baca berupa titik baca digital kepada SMPN 1 Maospati dan SMK Yososnegoro Magetan. Diserahkan juga penghargaan kepada Pemustaka terbaik tahun 2022 sebanyak 5 orang penerima dari masing-masing kategori SD, SMP, SMA, mahasiswa dan Pemustaka umum. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi Pemerintah Kabupaten Magetan dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan kepada para pemustaka yang paling aktif berkunjung dan melakukan peminjaman buku di Perpustakaan Umum Magetan. Dalam kesempatan itu, Bupati Suprawoto juga meninjau perpustakaan digital yang tersedia di Graha Pusat Literasi tepatnya di gedung 2. Selain itu, didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan, Bupati Suprawoto bersama beberapa tamu undangan yang turut hadir diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kab. Magetan, Camat Plaosan serta unsur Forkopimca Plaosan, juga mengunjungi stand bazar produk UMKM dan buku-buku dari Gramedia Madiun yang digelar dalam rangka memeriahkan perhelatan tersebut.

Selain pemberian prasarana & penghargaan, agenda utama di hari pertama peringatan bulan bahasa tahun 2022 yaitu lomba Sinopsis bagi siswa-siswi jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat. Tak kurang sebanyak 113 siswa SMA/SMK/MA baik negeri dan swasta se-Kabupaten Magetan ikut sebagai peserta dalam lomba tersebut. Tidak hanya untuk membangun budaya kepenulisan di kalangan pelajar, melalui lomba Sinopsis ini diharapkan semakin mengakrabkan mereka dengan buku dan membangun literate society sebagaimana dikatakan Bupati dalam sambutannya. Lebih jauh melalui kegiatan-kegiatan semacam ini, pada gilirannya juga dapat meningkatkan angka literasi di Kabupaten Magetan. Selanjutnya di hari kedua pada Rabu 26 Oktober 2022, diisi dengan kegiatan pembinaan kepada para pengelola perpustakaan sekolah khususnya jenjang SMA/SMK sederajat se kabupaten Magetan. Pembinaan tersebut pada dasarnya merupakan pengenalan perpustakaan digital yang dimiliki dan dikelola Perpustakaan Umum Magetan, sebagai upaya transformasi perpustakaan di era digital sekarang ini dengan menyediakan buku-buku elektronik (e-book) bagi masyarakat Magetan. Sebanyak 50 pengelola Perpustakaan SMA/SMK di Kabupaten Magetan mengikuti pembinaan tersebut.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan bulan Bahasa 2022, pada Kamis 27 Oktober 2022 dilaksanakan lomba ‘Maca Geguritan’ yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMP/MTs sederajad se-Kabupaten Magetan. Perlombaan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat dan kecintaan para remaja dan generasi muda di Kabupaten Magetan untuk turut melestarikan budaya lokal (Jawa) yang mulai semakin terpinggirkan dan tidak diminati ditengah peradaban global dan era digital saat ini. Untuk lebih menebalkan kecintaan pada budaya Jawa, para peserta yang tampil diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Jawa. Sebanyak 72 peserta ikut dalam lomba “Maca Geguritan’ yang untuk pertama kalinya diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan Suhardi berharap kegiatan-kegiatan semacam ini akan membantu mewujudkan Magetan sebagai kabupaten Literasi, dan akan diagendakan menjadi program kegiatan berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.