DESKRIPSI BUKU

penulis:  William Thorn

Penerbit : Indoliterasi

Kota : Yogyakarta

Tahun: 2015

Halaman : 398

Nomor Panggil : 959.8 THO

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Buku ini merupakan warisan literatur klasik yang sangat berharga dalam kontribusinya pada masyarakat sekarang tentang bagaimana kondisi Jawa pada awal abad ke-19.  Buku ini merupakan terjemahan dari karya aslinya dengan judul “Memoirs of the Conquest of Java: with the Subsequent Operations of British Forces, in the Oriental Archipelago” yang pertama kali diterbitkan oleh T Egerton Military Library, White Hall, London pada 1815. Pertempuran-pertempuran berdarah dan intrik-intrik jahat terlihat hidup dalam buku klasik sejarah militer ini. Berbekal semangat untuk menguasai dan bertualang, Mayor William Thorn menjabarkan tentang invasi Inggris ke pulau Jawa tahun 1811.

Berdasar pengamatan nyata, buku klasik ini merupakan laporan sang Jenderal saat melakukan penaklukan di Pulau Jawa, serta beberapa kisah kecil tentang penaklukan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Digambarkan secara jelas bagaimana kondisi sosial, budaya dan keagamaan di Jawa dan perbandingannya sebelum dikuasai Inggris dengan saat dikuasai Perancis dan Belanda. Karena bersifat memoar, maka buku ini merupakan hasil pengamatan subyektif dari sudut pandang Inggris waktu itu, namun demikian penjelasan buku ini demikian rinci. Sketsa dan detail-detail mengenai operasi militer dalam buku ini, sebagian besar ditulis langsung ditempat, begitu suatu kejadian berakhir.

Buku ini juga menyajikan ilustrasi statistik mengenai pulau Jawa dan Madura yang telah diringkas dari pengamatan pribadi penulis saat menjelajahi wilayah-wilayah tersebut. Gambaran statistik tersebut, ditambah sketsa gambar-gambar kepulauan timur yang merupakan daerah-daerah taklukan pemerintah di Batavia, dapat diandalkan dalam hal akurasi deskripsi dan otentisitas detail-detailnya. Buku ini bisa dijadikan tambahan informasi bagi pengetahuan geografis, meskipun hanya mengemukakan fakta-fakta sederhana.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian, pertama tentang area jelajah beberapa divisi armada. Bagian kedua mengulas laporan penyerbuan, terdiri dari empat bab. Lalu di bagian ketiga menyajikan operasi-operasi lanjutan dari pasukan Inggris. Selain ketiga bagian tersebut, materi  yang turut disajikan dalam buku ini meliputi ilustrasi statistik dan historis Jawa, lalu pemerintahan dalam negeri, agenda perjalanan, dan kemudian daerah-daerah taklukan Jawa.

Literatur bersubyek sejarah ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.