Mencari Indonesia: Demografi-Politik Pasca-Soeharto

DESKRIPSI BUKU

Pengarang:  Riwanto Tirtosudarmo

Penerbit : LIPI Press

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2007

Jumlah Halaman : 412

Nomor Panggil : 320.5 TIR

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Perkembangan RI sejak berdiri pada 1945 amat ditentukan oleh sejarah kebijakan kependudukan sejak zama  kolonial Belanda pda 1920-an. Kebijakan kolonial waktu itu atas dasar penguasaan pengaruh sejumlah kerajaan dan kesultanan di seluruh pelosok Hindia Belanda.

Perkaitan politik kolonial dengan politik dagang menentuka pola kekuasaan dan kendali atas sejumlah penuduk dari pulau Jawa menjadi w=bagian dari pengerahan tenaga kerja di berbagai perkebunan dan perusahaan dagang Hindia Belanda.

Pola dasar kependudukan Indonesia tidak banyak berubah. Sebagian besar (70-75%) penduduk Indonesia bermukim di Pulau Jawa yang hanya 7% dari luas daratan seluruh tanah air. Ditinjau dari persebaran jumlah penduduk dibandingkan ketersediaan sumber daya alam, termasuk sumber produksi pangan, ketimpangan itu semkain mencolok.

Buku ini adalah sebuah ikhtiar besar untuk memetakan gambaran umum tentang demografi Indonesia dari dahulu sampai sekarang, dengan nengambil penekanan masalah setelah Mei 1998, pasca berhentinya Presiden Soeharto.

Sejak pola perusahaan dagang Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, AS, dan Portugal mempengaruhi sebagian kegiatan industri menengah, pertanian dan manufaktur, masa depan Indonesia Merdeka diwarnai oleh makin kuatnya kehadiran perusahaan-perusahaan multinasional pasca 1967 ketika UU Penanaman Modal berlaku

 Buku ini berupaya menjelaskan kesepadanan kegaitan ekonomi masa kolonial dengan pascakolonial dalam hal perkembangan investasi di berbagai sektor industri dan perdagangan. Termasuk didalamnya pola-pola perindahan dan perputasan penduduk antarpulau dan antarkota di seluruh Indonesia atas dasar interaksi antarbudaya dan ketrampilan khusus yang dimilikinya.

Mencari Indonesia menjadi sumbangan pemikiran yang berharga untuk para pemimpin dan calon pemimpin Indonesia. buku ini memberi landasan kuat bagi para penyusun kebijakan politik ekonomi di masa mendatang, yang mau tidak mau harus tetap memadukan proses pembangunan bangsa dengan proses pembangunan negara.

Buku bersubyek politik Indonesia ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …..

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.