Chairil Anwar: Pelopor Angkatan ‘45

DESKRIPSI BUKU

Penulis : H.B. Jassin

Penerbit : Narasi

Kota : Yogyakarta

Tahun : 2018

Halaman : 248

Nomor panggail : 800 JAS

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

“……

Kawan-kawan

Dan kita bangkit dengan kesedaran

Mencucuk menerang hingga belulang.

Kawan, kawan

Kita mengayun pedang ke Dunia Terang!”

(Chairil Anwar – dalam : Siap-Sedia, 1944)

Buku ini adalah salah satu referensi paling penting yang menggambarkan apa dan bagaimana sosok Chairil Anwar bisa menjadi seorang yang disebut H.B Jassin kritikus sastra kenamaan sekaligus penulis buku ini, sebagai “Pelopor Angkatan ‘45” di era waktu itu yang sangat represif. Buku ini juga menampilkan hampir seluruh sajak-sajak yang pernah dibuat Chairil Anwar.

Ketika Pujangga Baru mencangkok keindahan romantis dari angkatan Belanda tahun 1880-an, Chairil Anwar mengubah corak khas itu menjadi wacana puisi internasional dari zamannya sendiri, melahap, mencerna, dan mencipta-ulang puisi kontemporer.

Sajak-sajaknya menghembuskan jiwa, semangat dan cita-cita muda, bukan dalam arti tidak masak, masih hijau, tapi dalam arti terus menerus, bersifat memperbarui, dalam arti segar bugar, vital, penuh hidup, bergerak dan menggerakkan. Meski hidup singkat sebagai manusia, namun tidak sebagai seniman. Ia telah menggoreskan pengaruhnya dalam persajakan modern Indonesia.

Bagian pertama buku ini memuat catatan H.B Jassin mengenai Chairil Anwar yang ditulis antara 1955 – 1956. Tidak hanya menyelidiki karya Chairil Anwar yang dikatakan hasil plagiat, namun mengembalikan plagiat itu pada proporsi yang sebenarnya  sebagai terjemahan atau saduran. Karena itulah, dibagian buku ini karya-karya Chairil Anwar yang disajikan dikelompokkan menjadi beberapa bagian.

Untuk karya puisi dan sajak dibagi dalam Puisi Asli, Puisi Saduran, Sajak-Sajak yang memengaruhi “Kepada Kawan”, serta Puisi Terjemahan. Sementara untuk karya Prosa dibedakan menjadi Prosa dan Prosa Terjemahan. Dari pengantar di cetakan ketiga, dapat kita tahu bahwa Chairil Anwar telah menulis 72 sajak asli (1 dalam bahasa Belanda), 2 sajak saduran, 11 sajak terjemahan, 7 prosa asli (1 dalam bahasa Belanda) dan 4 prosa terjemahan.

Literatur bersubyek kesusastraan ini merupakan salah satu koleksi Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *