Pusaka Jawa; Pelestari Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa

Mbulan Ndhadari yang menjadi salah satu agenda rutin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan telah memasuki episode ke 12. Kegiatan yang secara kontinyu dilaksanakan tiap bulan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan semangat literasi masyarakat dan mengembangkan budaya lokal di Magetan.

Mbulan Dhadhari episode 12 diadakan pada Jumat 26 Mei 2023 dengan mengambil tema gelegar budaya Hardiknas 2023. Selain menampilkan seni tari budaya dan geguritan dari siswa-siswi SMP di Kabupaten Magetan, pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan bagi para pemenang lomba Geguritan.

Adapun acara inti dalam Mbulan Dhadari kali ini adalah forum diskusi terkait Lembaga Pusaka Jawa yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM. Hadir sebagai Narasumber utama dalam forum diskusi tersebut Prof. Dr.Setiadi, M.Si salah satu guru besar FIB UGM. Tujuan utama pendirian Pusat Kajian (Pusaka) Jawa, adalah untuk menghadapi tantangan yang tengah dihadapi bahasa, sastra dan budaya Jawa terkait posisinya di tengah arus nasionalisasi dan globalisasi.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *