Perilisan Buku Tandai Pengumuman Pemenang Junior Writerpreneur#3

Junior Writerpreneur #3 sebagai kegiatan yang digagas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan untuk menggali potensi penulis – penulis muda di Magetan telah memasuki tahapan akhirnya. Di tahun 2023 ini, kegiatan kompetisi menulis yang diperuntukkan bagi para pelajar mulai jenjang SD, SLTP dan SLTA sederajat tersebut telah diawali pada tanggal 1 – 2 Pebruari 2023 lalu. Kemudian pada 1 Maret 2023 dilaksanakan pembinaan lanjutan bagi 20 besar penulis terbaik di masing-masing kategori / jenjang. Dan akhirnya pada hari ini, Senin 19 Juni 2023 bertempat di Graha Pusat Literasi Plaosan dilakukan perilisan buku Junior Writerpreneur #3 (JW#3) yang menjadi puncak kegiatan kompetisi menulis Junior Writerpreneur, sekaligus menandai pengumuman para pemenang Junior Writerpreneur #3.

Adapun penulis terbaik (juara 1) Junior Writerpreneur #3 untuk tingkat SD sederajat diraih oleh Nazmi Fadhilah Qurratu’aini dari SDN Dukuh 1 dengan judul karya Dari Tanah Liat Menjadi Cuan. Penulis Terbaik tingkat SLTP sederajat dimenangi oleh Al Mira Yasintha Juliyanti dari MTsN 5 Magetan dengan judul karya Usaha Kranji dengan Nilai Ekonomis Tinggi. Lalu tingkat SLTA sederajat diperoleh Nafadyla Rofiqoh Qoibidatul Wafina dari SMA 1 Barat dengan judul karya Festival Gumelaring Kadipaten Purwodadi. Pemenang di tingkat SLTA sekaligus ditetapkan sebagai Duta Baca Tingkat SLTA Kabupaten Magetan Tahun 2023.

Kepala Dinas Arpus Kab. Magetan, Suhardi, S.Pd., M.Pd pada arahannya menegaskan bahwa kegiatan Junior Writerpreneur #3 tidak hanya berorientasi output yakni dengan menerbitkan buku hasil karya para penulis muda terbaik di Kabupaten Magetan. Namun lebih dari itu dalam jangka panjang diharapkan dapat mengasah kemampuan dan kualitas para penulis muda yang ada, dan secara lebih luas menularkan virus literasi di masyarakat. Melalui upaya – upaya konkrit semacam ini, mewujudkan Magetan sebagai Kabupaten Literasi tentunya akan lebih dekat tercapai.

Dalam perilisan buku Junior Writerpreneur #3, juga diserahkan hadiah penghargaan bagi pemenang lomba Desain Cover dan Lay-out Buku Junior Writerpreneur #3, yang pada 22 Pebruari 2023 lalu telah diumumkan juaranya, yang dimenangi oleh Tim MAN 1 Magetan. Selain apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi masing-masing Pemenang lomba. Seluruh penulis terbaik dari masing-masing jenjang atau kategori Junior Writerpreneur #3 maupun pemenang lomba desain cover dan lay-out buku, juga menerima hadiah buku Junior Writerpreneur #3 “Anak Gunung dan Anak Pinggiran Berkarya”. Masing-masing sekolah dari tiap pemenang juga diberikan 1 (satu) eksemplar buku Junior Writerpreneur #3 sebagai apresiasi kepada guru dan sekolah yang telah berhasil membimbing anak didiknya dalam kompetisi menulis tersebut.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *