Pembinaan 20 Penulis Terbaik JW #3

Rangkaian kegiatan Junior Writerpreneur #3 yang dihelat pada 1 dan 2 Pebruari 2023 lalu. Telah menghasilkan 20 besar penulis terbaik dari masing – masing jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sederajat, dan telah diumumkan pada tanggal 15 Pebruari 2023. Dan sebagai lanjutan kegiatan tersebut, pada Rabu 1 Maret 2023 dilakukan pembinaan kepada masing-masing 20 benar penulis terbaik. Kegiatan pembinaan yang diadakan di Graha Pusat Literasi Plaosan, tidak hanya dihadiri oleh para penulis, namun juga mengundang guru pendamping dari tiap sekolah masing-masing. Selain itu, juara lomba Desain Cover dan Lay-out Buku Junior Writerpreneur #3 yang dimenangi oleh Tim dari MAN 1 Magetan turut diundang dalam acara tersebut.

Setelah acara pembukaan yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan, Endang Setyowati, S.Sos. Dilanjutkan dengan sesi pembinaan oleh tim Dewan Juri Junior Writerprenenur #3. Muhamad Rotmianto salah satu tim Juri yang didapuk memberi paparan dan penjelasan umum mengenai hal-hal apa saja yang penting diperhatikan bagi para penulis terbaik untuk merevisi naskah tulisannya.

Beberapa poin penting yang beberapa kali ditekankan yakni kaidah dan kesesuaian tulisan dengan PEUBI / EYD 2022. Kemudian juga mengenai orisinalitas tulisan, yang bagi setiap penulis hal itu merupakan sebuah harga mati sekaligus menunjukkan integritas dan profesionalismenya. Selain itu juga diharapkan masing-masing penulis mengembangkan lagi naskah tulisan awalnya disesuaikan dengan tema dan standar kriteria yang sudah ditentukan.

Pada sesi tanya jawab, cukup banyak peserta yang antusias mengajukan pertanyaan khususnya terkait dengan hal – hal teknis seputar kriteria penulisan yang disyaratkan. Catatan penting dari tim Juri bahwa karya para penulis tersebut agar cukup layak untuk dikompilasi dan diterbitkan menjadi sebuah buku, kriteria penulisan yang ada dan disepakati bersama tersebut memang harus dipenuhi.

Disampaikan pula bahwa revisi naskah harus sudah dikirimkan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan terakhir tanggal 12 Maret 2023, untuk kemudian akan dilakukan penilaian kembali. Dari hasil penilaian naskah awal dan nilai setelah naskah direvisi itulah, akan ditentukan juara 1 , 2, dan 3 kompetisi Junior Writerpreneur yang telah memasuki tahun ketiga ini. Kegiatan pembinaan penulis terbaik tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama dari masing-masing jenjang SD, SMP dan SMA sederajat untuk nantinya akan ditampilkan pada buku Junior Writerpeneur #3.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *