Perdana! Lomba Desain Cover dan Lay-Out Buku Bagi Siswa SMK/MA di Kabupaten Magetan

Mewujudkan Magetan sebagai Kabupaten Literasi tentunya harus disertai dengan upaya – upaya konkret oleh segenap pihak serta pemangku kepentingan yang terkait. Sejak ditetapkannya Peraturan Bupati Magetan No. 62 Tahun 2020 tentang Gerakan Literasi Kabupaten Magetan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah mengambil peran aktif dengan melaksanakan beberapa kegiatan untuk mendukung tujuan kebijakan dimaksud.

Salah satu kegiatan yang secara kontinyu dilaksanakan yaitu kompetisi penulis muda bagi para pelajar mulai jenjang SD, SMP, dan SMA se Kabupaten Magetan yang dikemas dalam kegiatan Junior Writerpreneur. Menandai tahun ketiga pelaksanaan Junior Writerprenenur, maka di tahun 2023 ini diadakan pula kompetisi baru yaitu lomba Desain Cover dan Lay-Out buku, yang diperuntukkan khusus bagi pelajar SMK dan MA di Kabupaten Magetan. Kompetisi tersebut tidak terlepas dari kegiatan Junior Writerpreneur#3 yang sudah dilaksanakan pada 1 dan 2 Februari 2023 lalu.

Dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan tema Junior Writerprenenur#3 yakni ‘Anak Gunung dan Anak Pinggiran Berkarya’, pada Rabu 8 Februari 2023 yang bertempat di Graha Pusat Literasi Kab. Magetan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan Suhardi, S.Pd., M.Pd secara resmi membuka lomba Desain Cover dan Lay-Out buku “Junior Writerpreneur#3”. Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi tersebut sebanyak 14 Tim yang masing-masing Tim tediri 3 anggota.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Magetan memaparkan bahwa diadakannya lomba tersebut dimaksudkan agar cover dan lay-out halam buku “junior Writerpreneur#3” yang direncanakan terbit pada bulan Mei 2023 nanti akan lebih berkualitas dan berkelas. Sebuah buku yang bermutu, dalam banyak faktor salah satunya dari tampilan cover dan lay-outnya yang indah dan menarik pembaca. Tidak jarang ketika suatu buku yang meskipun isinya bermutu, namun bila dikemas dengan cover dan lay-out yang kurang bagus, orang atau calon pembaca mungkin tidak akan melirik dan tertarik untuk membaca buku tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan melalui lomba tersebut diharapkan dapat menjadi ruang dan kesempatan bagi para pelajar SMK dan MA dikabupaten Magetan untuk menggali potensi diri dan mengasah kemampuannya, secara khusus mereka yang mengambil keahlian atau jurusan pendidikan di bidang desain grafis. Di era sekarang ini, dengan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari sekolah yang juga terus diasah lewat misalnya kompetisi – kompetisi semacam ini, tentunya akan menjadi modal berharga ketika mereka lulus dan memasuki dunia kerja.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *