Grand Final ILPN 2023 Lokus Magetan

Rangkaian Inkubator Literasi Pustaka Nasional (ILPN) 2023 Lokus Magetan mencapai puncak kegiatannya. Terhitung sudah 1 bulan gelaran ILPN 2023 Lokus Magetan yang diawali dengan workshop bagi 54 penulis terpilih. Pada Kamis (21/09/2023) dilaksanakan gebyar pengumuman pemenang ILPN 2023 Lokus Magetan di Graha Pusat Literasi, Plaosan, Magetan.

Sebagaimana diketahui, ILPN 2023 Lokus Magetan adalah kompetisi kepenulisan skala nasional yang merupakan hasil kolaborasi antara Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) dengan mitra / stakeholders-nya di daerah, yang dalam hal ini Dinas Arpus Kab. Magetan. Dalam kerjasama tersebut, Perpusnas RI yang menjadi pemangku kegiatan lebih berperan sebagai fasilitator. Sementara, para mitra di daerah bertindak sebagai penyelenggara kegiatan. Upaya kolaboratif semacam ini dilatarbelakangi strategi Perpusnas RI untuk memperluas akses dan jangkauan ruang bagi penulis-penulis lokal dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat secara Nasional.

Mewakili Bupati Magetan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Benny Adrian M.Si yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan selamat bagi pemenang ILPN 2023 dan memberikan semangat bagi yang belum menang untuk tidak berhenti berkarya, dan menjadikan kompetisi kepenulisan semacam ini sebagai momentum untuk makin mengasah kemampuannya, dan ke depan dapat menghasilkan karya tulis yang lebih berkualitas.

Selaras dengan visi Magetan yang ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi, bentuk-bentuk kegiatan kepenulisan baik yang dikemas dalam kompetisi ataupun workshop dan pelatihan-pelatihan kepenulisan, amat dibutuhkan dan merupakan slah satu upaya nyata dalam rangka mewujudkan visi tersebut. Lebih jauh diharapkan melalui kegiatan ini akan melahirkan penulis-penulis lokal terbaik untuk berkarya di kancah nasional dan internasional..

Dengan dibacakan langsung Tim Juri kompetisi, pemenang atau juara pertama ILPN 2023 Lokus Magetan diraih oleh Ikhsan Fadel Muhammad Jalu, siswa SMAN 1 Barat dengan judul karya ‘Wayang Cangkem sebagai budaya lokal variasi dari penyajian Wayang’. Pemenang kedua diraih Raisya Niil Nabila siswi SMAN 1 Magetan dengan judul karya ‘Pesona terpendam di bumi Mbah Sundul’. Dan pemenang ketiga diraih oleh Ahmad Fauzan Mulya, siswa SMKN 1 Bendo dengan judul karya ‘Upaya melestarikan kesenian Thongling sebagai pewarisan budaya masa lalu di Dusun Wonomulyo’.

Selain para pemenang (juara) utama, apresiasi juga diberikan kepada tiga juara harapan yang masing-masing diraih oleh, Dewo Bilai Noviyan siswa MAN 1 Magetan dengan judul karya ‘Pengembangan Keris Tangguh Mageti, sebagai upaya menjaga ciri khas budaya Tosan Aji di Kabupaten Magetan’, sebagai juara harapan I. Kemudian harapan II diraih Miftahul Marfu’ah siswi MAN 1 Magetan dengan judul karya ‘Upaya mempertahankan nilai budaya melalui Batik Udar Welingan di Desa Kenongomulyo’. Dan juara harapan III oleh Ramadhani Kusumaningtyas siswi SMAN 1 Magetan dengan judul karya ‘Mengulik kisah dibalik Watu Nganten di SMA Negeri 1 Magetan’.

Tidak hanya piagam penghargaan dan uang pembinaan yang pada kesempatan itu diserahkan secara langsung oleh Pimpinan Redaksi (Pimred) Perpusnas Press Edy Wiyono bersama Kepala Dinas Arpus Magetan Suhardi, S.Pd., M.Pd. Setelah pengumuman pemenang, proses lanjutan dalam ILPN 2023 ini adalah membukukan karya para pemenang tersebut bersama karya penulis lainnya dalam kompilasi esai 15 penulis terbaik ILPN 2023 Lokus Magetan, yang diterbitkan oleh Perpusnas Press. Tentunya hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penulis, mengingat karyanya akan diterbitkan secara nasional dan dapat dibaca oleh seluruh masyarakat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *