Bupati Magetan dari Masa ke Masa (7)

Raden Mas Tumenggung Soerjo

Raden Mas Tumengung Soerjo lahir di Magetan pada tanggal 9 Juli 1898. Merupakan anak kedua dari sepuluh bersaudara dari Raden Mas Wiryosumarto yang bertugas sebagai Ajun Jaksa di Magetan,dan Raden Ayu Kustiah. Beliau menempuh pendidikan di OSVIA atau Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (Sekolah Pendidikan Pribumi).  Setelah lulus dari OSVIA, R.M.T Soerjo bekerja di kantor kontroller di Ngawi sebagai calon pegawai negeri. Beliau juga sempat mengikuti sekolah pendidikan polisi, dan selesai pendidikan diangkat menjadi Camat. Kemudian diangkat menjadi wedana atau pimpinan wilayah saerah tingkat II di Pacitan. Karier berikutnya R.M.T Soerjo diangkat sebagai Bupati Magetan yang ke-13 pada tahun 1938, dan menjabat sampai tahun 1943. Beliau merupakan menantu R.T. Surohadinegoro (bupati Magetan ke-12).  Jabatan R.M.T Soerjo sebagai Bupati Magetan berakhir karena diangkat sebagai Su Cho Kan Bojonegoro (Residen) pada tahun 1943 (dalam masa penjajahan Jepang). Kemudian pada 1945 diangkat sebagai Gubernur Jawa Timur yang pertama.

R.M.T. Soerjo meninggal karena menjadi korban pemberontakan PKI 1948. Pada 9 Nopember 1948 dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Surabaya, ditengah perjalanan di daerah hutan jati Peleng Kecamatan Kedunggalar Kab. Ngawi, mobil Gubernur Soerjo yang didampingi dua orang polisi (Koloner Polisi Duryat dan Mayor Polisi Suroko) dihadang oleh pasukan pro PKI, dan dihutan inilah mereka dibunuh. Setelah empat hari kemudian ditemukan oleh penduduk di kali Krakah Ngawi, jenasah R.M.T. Soerjo dibawa dan dimakamkan di Sasono Mulyo Sawahan, Kelurahan Kepolorejo, Magetan.

Raden Mas Arjo Tjokrodiprodjo

Raden Mas Arjo Tjokrodiprodjo adalah bupati Magetan ke-14, menjabat dari tahun 1943 sampai tahun 1945. R.M.A Tjokrodiprodjo adalah putra menantu R.M.T Surohadinegoro (Bupati Magetan ke-12). Mengakhiri jabatan Bupati Magetan karena diangkat sebagai Bupati Ponorogo.

Sumber bacaan :

Sukarjan (2014). “Magetan dalam Panggung Sejarah Indonesia”. Cet. I. Media Guru

Ario Soerjo” diakses tanggal 8/10/2021 di https://id.wikipedia.org/wiki/Ario_Soerjo

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Jatim “Biografi Singkat Gubernur Jawa Timur 1945 – 2008”. Diakses tanggal 8/10/21 di https://disperpusip.jatimprov.go.id/2012/05/02/biografi-singkat-gubernur-jawa-timur-1945-2008-2/

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *