Pembinaan Lanjutan Junior Writerpreneur#2: Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat

Junior Writerpreneur adalah salah satu kegiatan yang digagas Dinas Arpus Kab. Magetan sebagai upaya untuk meningkatkan gerakan literasi di Kabupaten Magetan. Lebih dari itu, Junior Writerpreneur diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk terwujudnya Magetan sebagai Kabupaten Literasi. Tahun ini kegiatan tersebut memasuki tahun yang kedua. Sebagaimana telah diketahui, Junior Writerpreneur pertama kali dirilis pada 2021 dan menghasilkan sebuah buku “Junior Writerpreneur#1: Inklusi Sosial”. Tidak hanya versi cetak, untuk versi e-book juga dapat diakses melalui aplikasi iPUSNAS. Buku tersebut berisi kumpulan karya 20 penulis terbaik jenjang SD dan 20 penulis terbaik jenjang SMP di kabupaten Magetan.

Sebagai kegiatan yang diharapkan akan terus berkesinambungan, kegiatan yang sama kembali di helat tahun 2022 ini dengan tajuk “Junior Writerpreneur#2 : Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat” dalam rangkaian acara Gebyar Literasi 2022 pada 24 – 28 Januari 2022. Dari kegiatan tersebut terpilih masing-masing 20 penulis terbaik dari tiap jenjang SD/MI – SMP/MTs – SMA/SMK/MA. Tahapan berikutnya para peserta yang terpilih akan diberi pembinaan kepenulisan hingga karya tulisnya layak diterbitkan dalam sebuah buku.

Untuk itu pada Selasa 29 Maret 2022 bertempat di Graha Pusat Literasi Magetan, pembinaan lanjutan peserta Junior Writerpreneur#2 dilaksanakan mulai 08.00 – 12.00 wib. Materi pembinaan bersifat umum dengan bahasan utama mengenai ketentuan penulisan Junior Writerpreneur#2 yang dibawakan oleh Mohamad Rotmianto, A.Md., S.Kom. Dalam paparannya disampaikan bahwa target tahun ini adalah terbitnya 3 buah buku yang berisi kompilasi karya dari 20 penulis terbaik Junior Writerpreneur#2 kategori SD/MI, 20 penulis terbaik Junior Writerpreneur#2 kategori SMP/MTs, dan 20 Duta Baca Kabupaten Magetan kategori SMA/SMK/MA. Selain materi pokok tentang ketentuan teknis penulisan naskah, peserta juga dibekali tentang bagaimana menghindari plagiarisme dengan memberikan beberapa contoh teknik kutipan yang benar serta bagaimana menuliskan dan menyusun sumber referensi.

Didampingi oleh Kabid layanan, Pemanfaatan Kearsipan dan Pengembangan Perpustakaan Rini Djayanti, SE. Sekretaris Dinas Arpus Kab. Magetan Endang Sulistyowati, S.Sos yang mewakili Kepala Dinas membuka kegiatan pembinaan tersebut, dalam sambutannya menekankan pentingnya menumbuhkan minat membaca dan menulis bagi generasi muda ditengah keprihatinan tingkat literasi negara kita. Diakhir sambutan, selain menyampaikan selamat kepada para peserta yang lolos seleksi, juga mengharapkan agar mereka tetap semangat untuk terus berkarya melalui tulisan.

Selain membuka acara, Sekretaris Dinas secara simbolis juga menyerahkan sertifikat bagi peserta yang lolos seleksi Junior Writerpreneur#2 serta naskah tulisan peserta. Adapun yang mewakili peserta menerima sertifikat dan naskah tulisan, untuk kategori SD/MI Erlina Rizkia dari MIN 5 Magetan, kategori SMP/MTs Raisya Niil Nabila dari SMPN 1 Magetan, dan untuk kategori SMA/SMK/MA Dalta Furaida dari SMAN 1 Magetan. Selesai kegiatan pembinaan lanjutan ini, para peserta wajib memperbaiki naskah tulisannya sesuai ketentuan yang ada, dengan memperhatikan saran masukan dari Tim penilai. Kemudian, para peserta diminta untuk mengirimkan kembali naskah hasil revisi dan naskah asli ke panitia. Sedangkan untuk soft file-nya dikirim melalui email. Batas akhir pengumpulan naskah adalah 30 April 2022.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *