DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Agus Sunyoto

Penerbit :  Pustaka IIMaN

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Jumlah Halaman :  507

Nomor Panggil : 297.61 AGU

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Walisongo, sekumpulan tokok penyebar Islam pada perempat akhir abad ke-15 hingga paruh kedua abad ke-16 adalah tonggak terpenting dalam sejarah penyebaran Islam di Jawa dan Nusantara.

Fakta bahwa kedatangan saudagar-saudagar muslim sejak 674 M tidak serta merta diikuti oleh penyebaran Islam secara masif di kalangan pribumi, sampai munculnya Wali Songo.

Berpangkal dari keluarga asal Champa pada awal dasawarsa 1440-an inilah penyebaran Islam berkembang di wilayah Majapahit. Terutama setelah putra-putra, menantu, kerabat dan murid-murid dua tokoh awal dari Champa berdakwah seara sistematis melalui ‘jaringan’ dakwah yang disebut “Wali Songo”.

Sadar makna penting keberadaan Wali Songo dalam sejarah dakwah Islam di Nusantara. Buku ini dengan pendekatan multidisiplin: sejarah, arkeologi, aetiologis, etno-historis.

Seperti dikatakan penulisnya, buku ini dapat disebut sebagai otokritik terbitnya Ensiklopedia Islam karangan Van Hoeve, atau pula tulisan Sjamsudduha yang berjudul Walisanga Tak Pernah Ada?

Buku menarik mengenai kajian Islam ini tersedia dan dapat dipinjam di Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Anda juga dapat mengakses sinopsis buku ini melalui kanal berikut :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.