Dunia Mistik Orang Jawa

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : R. P. Suyono

Penerbit :  LKiS

Tempat Terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2007

Jumlah Halaman :  287

Nomor Panggil : 133 SUY

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Untuk memohon rezeki, orang Jawa mengucapkan doa ini,

Sribat-sribet, tan-ana katon, padang tan-ana weruh, la illaha illa Allah, sang gilang-gilang temu sanking gentong, kancana alinggih masigit tanpa cantel, adus banyu rabani kampuhe dhodhot rah bani la illaha illa Allah!

Buku ini merupakan penelusuran yang digali dari berbagai catatan kuno Belanda yang sangat langka mengenai dunia mistik orang Jawa.

Para antropolog atau sosiolog mengartikan mistik sebagai subsistem yang ada pada hampir semua sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan bersatu dengan Tuhan.

Mistik merupakan keyakinan yang hidup dalam alam pikiran kolektif masyarakat. Dunia mistik orang Jawa dalam buku ini hidup dalam pikiran orang Jawa pada sekitar tahun 1920an.

Karya ini merupakan terjemahan dari sumber utamanya yaitu buku De Javansche Geestenwereld yang diterbitkan sekitar tahun 1930an dalam tiga jilid, ditulis oleh H. A Van Hien seorang Javanologi Belanda.

Isinya mengenai keyakinan mistik yang dianut orang Jawa, beragam agama dan kepercayaan orang Jawa, dunia roh, benda-benda magis, ritual, perhitungan waktu, ramalan Jayabaya, sampai tempat-tempat angker yang masih terdapat di pulau Jawa sampai sekarang.

Literatur menarik ini tersedia dan dapat dipinjam di Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.