The Interpretation of Dreams: Tafsir Mimpi

DESKRIPSI BUKU

Pengarang : Sigmund Freud

Penerbit :  Penerbit Indoliterasi

Kota : Yogyakarta

Halaman :  718

Nomor Panggil : 135 FRE

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

“Penafsiran mimpi adalah jalan menuju pengetahuan akan sebuah kegiatan alam sadar. Mimpi biasanya sering memiliki arti mendalam ketika mereka merupakan mimpi yang paling gila.”

–Sigmund Freud–

Buku ini menawarkan cara memahami dan menyelami sebuah rahasia terdalam dari manusia. Menjelaskan pendapat Freud bahwa penafsiran mimpi harus berbentuk khusus karena mimpi adalah suatu pemenuhan harapan (secara umum), harapan yang tidak dipahami dalam tataran pemunculan isinya.

Freud berusaha untuk menciptakan metode tafsir mimpi untuk mengungkapkan makna sebenarnya dari tindakan manusia yang tampak tak bermakna dan tidak disadari sepenuhnya. Upaya Freud memahami mimpi dilakukan dengan berbagai penelitian dan pengamatan yang dilakukan saat dia sedang meriset psikoanalisis terhadap pasien dan dirinya sendiri. Proses tersebut akhirnya sangat membantu Freud dalam menguak mimpi alam sadar manusia.

The Interpretation of Dreams edisi ketiga yang terbit  pada 1914 dan  telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ini terdiri dari 7 bab, yaitu, Literatur ilmiah tentang masalah mimpi; metode interpretasi mimpi; mimpi sebagai pemenuhan keinginan; distorsi dalam mimpi; bahan mimpi dan sumber mimpi; kerja mimpi; dan Proses Psikologi Mimpi.

“Semakin dalam kita masuk ke dalam analisis mimpi, semakin sering kita berada di jalur pengalaman masa kanak-kanak yang memainkan bagian dalam sumber mimpi dalam isi mimpi yang laten.” [p.239]

“Jika metode penafsiran mimpi yang ditunjukkan disini diikuti, ia akan menemukan bahwa sesungguhnya mimpi benar-benar memiliki arti dan sama sekali buka merupakan ungkapan dari kacaunya aktivitas otak, sebagaimana para penulis mengenai subyek ini mempercayainya” [p.152]

Literatur bersubyek psikologi ini adalah salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *