DESKRIPSI BUKU

penulis:  Bruce Rich

Penerbit : INFID

Kota : Jakarta

Tahun: 1999

Halaman : 502

Nomor Panggil : 332.1 RIC

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Buku ini merupakan terjemahan dari karya aslinya berjudul ‘Mortgaging the Earth: The World Bank, Environmental Impovierisment and the Crisis of Development‘. Buku ini mengangkat tema Bank Dunia yang telah benar-benar menjadi sebuah institusi global, teristimewa sejak negara-negara blok komunis sekarat. Sejarah Bank Dunia merupakan studi kasus instruktif dalam dimensi kekinian serta dalam asumsi-asumsi filosofis, politis, dan ekonomis, yang kesemuanya itu telah membentuk dunia modern.

Pembangunan ekonomi telah menjadi prinsip-prinsip pengorganisasian bagi hampir setiap masyarakat dan bangsa di dunia. Kita mendapati bahwa pembangunan ekonomi menuntut tanggung jawab ketiga, yaitu krisis ekologi dunia.  Dalam usaha membangun dunia, kita mendapati kenyataan bahwa gagasan-gagasan modernitas ternyata menuntut pengorbanan kultural dan natural bumi kita. .

Pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara yang berpolusi di India, atau penjarahan cagar alam di Brazil adalah fenomena-fenomena lokal yang mempunyai dampak luas sebagaimana fenomena pemanasan bumi (global warming). Untuk itulah di akhir abad ini dan abad-mendatang dibutuhkan pendekatan berskala internasional yang lebih fleksibel, responsif dan efektif untuk memecahkan persoalan-persoalan tersebut.

Buku ini merefleksikan pengalaman penulis bersama beberapa kelompok swadaya masyarakat yang menuntut pertanggungjawaban publik dan ekologis di depan institusi keuangan internasional seperti Bank Dunia. Mereka juga mencari pemecahan alternatif dalam skala lokal, nasional, dan internasional. Ada sepuluh bab yang dibahas dalam buku ini, diawali dengan penjelasan mengenai keterkaitan Bank Dunia dan persoalan lingkungan, beserta asumsi-asumsi yang menyertai budaya politik dan ekonomi yang mendominasi dunia saat ini.

Mirip perusahaan, Bank Dunia sebagai sebuah entitas. Orang-orang yang paling sering terdampak kebijakan Bank Dunia adalah orang-orang miskin, pesakitan, tak mampu bersuara, dan yang tak punya kekuatan apa-apa di tengah masyarakat negaranya sendiri. Buku  ini tidak hanya membahas lokalitas yang dicengkeram Bank Dunia, tapi juga  daerah-daerah yang sering dibiarkan dalam ketidakjelasan. Selama 50 tahun praktek pemberian dana dari institusi keuangan internasional, Bank Dunia telah menggadaikan bumi yang semuanya kita harus kita bayar di masa-masa yang akan datang.

Buku bersubyek kajian ekonomi dan lingkungan ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *