DESKRIPSI BUKU

penulis:  Pandji Pragiwaksono

Penerbit : Bentang Pustaka

Kota : Yogyakarta

Tahun: 2019

Halaman : 200

Nomor Panggil : 320.95 PAN

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Politik adalah sesuatu yang rumit. Penuh kejutan seperti cerita misteri yang tak berujung. Dan tidak pernah sesederhana seperti yang terlihat. Keterikatan penulis buku ini dengan dunia politik berawal dari banyak hal yang membuatnya gelisah. Ia pun menuangkannya lewat lagu, buku, hingga stand up comedy. Namun ketika akhirnya terseret lebih dalam lagi dan terlibat sebagai tim kampanye, ada banyak hal mengejutkan yang tidak ia duga sebelumnya.

Ketika benar-benar telah terjun ke ranah politik praktis, saya akhirnya sadar bahwa mengamati dan menjalankan politik adalah dua hal yang berbeda. sebagai pengamat, saya tidak perlu mengambil keputusan. Saya hanya menonton, lalu mengomentari apa yang dilihat. Sedangkan jika menjadi orang yang menjalankan, saya harus mengambil keputusan. Dan akhir setiap keputusan yang saya ambil, resikonya hanya dua, ada yang suka dan tidak

-Panji Pragiwaksono-

Pengalaman penulis buku ini nyemplung ke politik dibahas secara mendalam di buku ini. mulai dari ketertarikan pertama, keterlibatannya dalam kampanye, hingga pandangannya terhadap politik pada masa depan. Tak hanya itu, ia juga memberikan starter kit demokrasi dan politik untuk kita semua. Terutama bagi pemulih muda yang masih kebingungan menentukan pilihannya.

Ketika saya coba mempelajari kenapa sih orang-orang ini sangat ingin nyemplung ke dunia politik, ternyata mereka yang duduk bareng membahas politik itu kelakuannya mirip dengan orang-orang yang duduk bareng membahas sepak bola di meja sebelah. Sinar di mata mereka sama. Bahkan saya merasa bagian otak yang menyala ketika mereka membahas kedua hal ini  juga sama. Bedanya, mereka yang ngomongin sepak bola sadar bahwa mereka tidak mampu untuk terjun langsung ke dunia sepak. Sementara itu orang-orang yang omongin politik itu, kalau mau, mereka bisa saja langsung nyemplung

-Panji Pragiwaksono-

Ketika melihat orang yang tampak begitu keras, licik, dan cerdik dalam dunia politik. Saya sudah paham yang sebenarnya sedang mereka lakukan. Tidak ada yang ideal dalam dunia politik. Tidak ada sesuatu yang bernilai terlampau luhur dalam kolam politik. Semuanya sama, tentang perebutan suara. Kenyataan ini membuat hati saya retak. Kemampuan berbahasa dan membahasakan itu sangat penting, apalagi dengan bahasa Indonesia. saya merasa inovasi termutakhir yang dipunyai bangsa ini adalah bahasa Indonesia. tanpa bahasa Indonesia, orang aceh tidak akan pernah bisa berdialog dengan orang papua. Orang Jawa tidak akan paham apa yang diucapkan orang Sunda.

Buku bersubyek politik Indonesia ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *