SDN Magetan 2 Wisata Literasi ke POCADI

Setelah bulan sebelumnya SDN Unggulan Kab. Magetan pada 25 Mei 2022, kini giliran siswa-siswi kelas 6 SDN Magetan 2 selama 3 hari berturut-turut berkunjung di Pojok Baca Digital (POCADI). Oleh Dinas Arpus Kab. Magetan fasilitas tersebut kini diupayakan menjadi salah satu magnet wisata literasi. Kunjungan siswa-siswi SDN Magetan 2 secara bergelombang dimulai pada Rabu sampai dengan Jumat (8 – 10 Juni 2022).

Total peserta kunjungan sebanyak 64 anak yang dibagi dalam 3 hari. Wisata Literasi tidak hanya mengenalkan layanan POCADI. Siswa-siswi juga diajak berkunjung ke Pojok Baca Mall Pelayanan Publik/MPP di lantai 2. Dalam kunjungan tersebut, siswa siswi selain dijelaskan tentang bagaimana mengakses buku digital melalui dekstop yang tersedia di POCADI. Mereka juga diterangkan bagaimana mengakses buku-buku digital tersebut di rumah ataupun dimana saja melalui perangkat smartphone dan juga laptop, yakni dengan menginstal aplikasi i-Pusnas. Sedangkan untuk buku-buku elektronik (e-book) koleksi Perpustakaan Magetan bisa diakses dengan menginstal e-Perpusdamgt.

Muhammad Rotmianto salah satu Pustakawan Dinas Arpus Kab. Magetan, pada kesempatan itu turut mengedukasi siswa-siswi pentingnya literasi melalui games edukatif. Dijelaskan pula bahwa fungsi Dinas Arpus tidak hanya berfokus pada literasi dasar yaitu baca tulis, namun juga melalui wisata literasi. Siswa siswi juga diajak dan diajari membuat deskripsi buku dan sinopsi singkat mengenai isi buku. Ke depan, Dinas Arpus Kab. Magetan berharap semakin banyak sekolah-sekolah lain yang terlibat dalam kegiatan wisata literasi.

Pojok Baca di Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.