Jawa-Islam-Cina: Politik Identitas Dalam Jawa Safar Cina Sajadah

DESKRIPSI BUKU

Pengarang: Cin Hapsari Tomoidjojo

Penerbit : Wedatama Widya Sastra

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Jumlah Halaman : 364

Nomor Panggil : 320.09 CIN

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Jawa dan Cina sebagai subyek pembicaraan dalam buku ini adalah entitas yang menyisakan endapan pertanyaan dalam sejarah perjalanan bangsa ini. keduanya berdiri pada aras yang “seakan-akan” saling berhadapan.

Jawa Safar Cina Sajadah, merupakan ungkapan lisan yang muncul pada masa kasultanan Demak Bintoro abad ke-16. menyiratkan matra sekaligus persinggungan dan/atau pertautan budaya  Jawa, Islam, dan Cina. Sebagai teks murni ungkapan Jawa Safar Cina Sajadah, dapat ditafsirkan sebagai ‘Jawa yang mulia bersanding dengan mengumbar hawa’ sementara ‘Cina tua bersanding dengan tidak ada sucinya’.

Dalam rentang panjang relasi Jawa-Cina, seluruh kondisi yang ada pada akhirnya menciptakan sekaligus membangun watak sosial yang khas. Dari kacamata politik identitas, watak sosial boleh jadi akan dianggap menggarisbawahi perbedaan. Namun, dari logika pengetahuan Jawa, perbedaan sejatinya adalah pembedaan karena unsur eksternal yakni hegemoni wacana dominan, dalam hal ini kekuasaanlah yang sepenuhnya memainkan peran.

Dalam perspektif kaidah Jawa, perbedaan lahir hanya karena sifat (bawaan) yang dimiliki kedua bangsa itu dan bersifat esensial sehingga merupakan kenyataan yang harus diterima dan wajib disikapi dengan bijak.

Sebagai karya akademik, kajian ini boleh dikata bukan sesuatu yang populer dan dapat diterima dengan mudah, terutama karena kajian ini bermain –main di sekitar tema gen, ras, dan sifat yang mengikutinya; sesuatu yang seringkali dianggap taken for granted dan tidak perlu dipermasalahkan lagi.

Buku bersubyek keagamaan ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo Berkunjung …

Sinopsis buku ini juga dapat diakses melalui kanal berikut:

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *