Indonesia Beyond Soeharto

DESKRIPSI BUKU

Editor:  Donald K. Emerson

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tempat Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2001

Jumlah Halaman : 708

Nomor Panggil : 320.59 IND

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

“Indonesia adalah satu-satunya negara dengan lokasi, luas wilayah, dan kekayaan alam berlimpah yang dalam jangka panjang hendak membatasi kemungkinan hegemoni Cina di Asia Tenggara. Kondisi seperti itu memunculkan pertanyaan ‘Apakah Indonesia akan Bertahan’?”

Donald K. Emmerson

Medio 1997 dan seterusnya merupakan periode yang amat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Pada masa-masa itu, Indonesia tiba-tiba menjadi headlines bagi orang Barat setelah sekian tahun “tersembunyi”.

Kehancuran finansial yang memicu resesi; kerusuhan dan kekerasan bermunculan di berbagai daerah; desakan mahasiswa untuk Soeharto mundur sebagai presiden; munculnya Megawati Soekarnoputri dan partai-partai baru; referendum di Timor Timur dengan berbagai konsekuensinya; sepak terjang Gus Dur sebagai presiden yang kontroversial… Serta  masih banyak peristiwa sensasional lainnya yang muncul.

Krisis multidimensi dan berkepanjangan yang melanda Indonesia tidak dapat  dimengerti tanpa perspektif historis, politis, ekonomi, sosial, dan kultural yang dipaparkan dengan analisa yang tajam.

Kunci untuk mencapai pengertian yang lebih mendalam pada masa transisi dari Orde Baru menuju Reformasi adalah dengan berfokus  pada pemikiran intelektual dan perdebatan seru yang terjadi ai antara orang Indonesia sendiri maupun antara orang Indonesia, ilmuwan, dan pengamat internasional.

Buku ini adalah kumpulan analisa terbaik mengenai perkembangan politik dan ekonomi pasca Soeharto paling akhir. Dari 10 penulis terpilih berdasar keahliannya., dengan prioritas kajian pada argumentasi dan analisa, bukan semata deskriptif .

Secara sistematis buku ini disusun bersandar pada kerangka historikal. Secara garis besar dibagi dalam dua tema kajian. Pertama mengenai Indonesia di bawab Soeharto, yang dibagi menjadi 3 bagian sub tema, yaitu bagian pertama mengulas kenegaraan di masa Orde Baru. bagian kedua menganalisa urusan ekonomi, dan bagian ketiga membahas hal masyarakat dan budaya. Kemudian tema ketiga yang memuat bagian keempat buku ini terfokus pada kesudahan kepresidenan Soeharto dan perkembangan selanjutnya.

Buku yang bersubyek tentang politik Indonesia ini salah satu koleksi menarik Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Sinopsis buku diatas juga dapat disimak melalui kanal berikut:

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *