Building Leaders The West Point Way

DESKRIPSI BUKU

Penulis:  Joseph P. Franklin

Penerbit : Gradien Mediatama

Kota : Yogyakarta

Tahun: 2008

Halaman : 268

Nomor Panggil : 355 FRA

Lokasi : Perpustakaan Umum Magetan

Tiga kata yang paling penting bagi seorang tentara angkatan darat AS adalah Tugas, Kehormatan, dan Negara. Uang bukanlah termasuk salah satu dari kata-kata tersebut. Uang tidak dimasukkan sebagai faktor dalam hitungan persamaan tersebut. Akan tetapi di sektor swasta? Anda boleh bertaruh, uang memang masuk hitungan. [hal:198]

Pemikiran-pemikiran dalam buku ini merupakan hal penting bagi para pemimpin yang sedang meniti karier, baik mereka berada dalam jalur kemiliteran ataupun dalam korporasi serta dalam setiap ragam kehidupan. Kepemimpinan adalah sesuatu yang ditangkap, bukan diajarkan.

H. Norman Schwarzkoff

Buku ini memaparkan pengalaman mengenai prinsip-prinsip kepemimpinan sebagai metodologi, visi dan falsafah yang dipraktikan di West Point, sekolah akademi militer Amerika Serikat. Ada 10 prinsip dasar yang dipaparkan dalam buku ini, meliputi, Tugas, Kehormatan, Iman, Keberanian, Ketekunan, Percaya Diri, Kemampuan untuk dapat didekati, kemampuan beradaptasi, Kewelasasihan, dan Visi.

Memahami dan menginternalisasikan hubungan antara tugas dan disipliin merupakan bagian fundamental dari edukasi, pelatihan, dan inspirasi para pemimpin di West Point. Agar mampu melaksanakan tugas anda, anda harus mampu memaksakan disiplin karena sering kali ini dibutuhkan untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin anda lakukan.

Pemimpin yang baik memiliki kemampuan untuk menginspirasi iman di dalam diri orang lain dan ini bukan karena mereka tukang sihir atau manusia super atau apapun sejenisnya itu. Tetapi ini terjadi karena mereka telah merampungkan pekerjaan rumahnya, mereka telah sukses di masa lalu, dan catatan prestasi mereka berdiri sebagai bukti kemampuan mereka.

Sementara kesalahan memang harus diatasi dan sikap murni yang terlalu bersemangat harus dijinakkan dan disalurkan kearah yang positif, anda harus berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan permanen terhadap catatan atau hati nurani seseorang yang masih muda yang telah benar-benar berusaha melakukan sesuatu yang menurutnya baik dan unik.

Kemampuan beradaptasi adalah suatu prinsip yang harus dianut oleh setiap pemimpin yang memiliki aspirasi, karena kepemimpinan, dilihat dari definisinya, melibatkan membimbing orang melewati lanskap yang selalu berubah-ubah. Visi adalah prinsip kepemimpinan yang paling penting dan menantang, karena menuntut seorang pemimpim untuk terus menerus menciptakan lingkungan dimana para bawahan berfungsi pada tingkatan yang tinggi, dan melaksanakan tugas yang dipersyaratkan dalam organisasi, sementara secara berkesinambungan menyiapkan berbagai perubahan yang tak dapat tidak terjadi.

Buku bersubyek kepemimpinan ini adalah koleksi Perpustakaan Umum Magetan. Ayo berkunjung …

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *